Kamis, 21 Maret 2013

Proposal Business Plan


PROPOSAL
PERENCANAAN BISNIS
Untuk Memenuhi Syarat Kelulusan Magang

LTOB Accessories





 
MEY ELYZABETH PANE    : 102102116
MESDA W. NABABAN        : 102101031







                                                        
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
2013








I.                  EXECUTIVE SUMMARY
Profil Perusahaan
1
Company Name
LTOB Accessories
2
Line of Business
Accesories
3
Products
necklaces, bracelets, rings, pencil boxes, batik bags, flip flops, earrings, Bross and clothes
4
Company Address
Jl. Berdikari No.23/35 A Padang Bulan, Medan
5
Telp number
081375069724
6
Email Address
Mey_sitorus91@yahoo.com
7
Website/Blog
Meyelyzabeth2028@gmail.com
8
Start Up
15 Maret 2013



KATA PENGANTAR
          Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas dan berkat rahmat-Nya yang masih bisa kami rasakan sampai saat ini, sehingga kami di mudahkan dalam setiap langkah terutama dalam penyusunan proposal perencanaan bisnis ini.
Dalam proposal perencanaan bisnis ini, kami sebagai pihak pengelola perusahaan berusaha untuk menguraikan segala aspek utama  dan aspek pendukung dalam pendirian perusahaan kami “LTOB Accessories “ yang produknya kalung, gelang , cincin, kotak pensil, tas batik, sandal jepit, anting, bross dan baju. Segala hal mulai dari aspek pereencanaan permodalan, teknik pemasaran dan teknik pemilihan total quantity sangatlah kami pikirkan, dan hal tersebut akan terlampir dalam proposal perencanaan bisnis ini. Semoga laporan ini juga nantinya akan berguna bagi pembacanya.
Terimakasih atas perhatiannya, semoga dapat bermanfaat dan dapat di jadikan inspirasi bagi pembaca.    


                                                                                                            Medan, 21 Maret 2013


LTOB Accessories








BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Perencanaan Bisnis
Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh orang pribadi atau sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengelola bahan baku untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen. Produk dapat berupa barang atau jasa. Tujuan perusahaan membuat produk adalah untuk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.
Rencana usaha merupakan catatan ringkas yang di buat oleh wirausaha untuk menggambarkan operasi dan menerangkan soal keuangan, tahap keuntungan, strategi pemasaran, kemampuan menajemen dan kepakaran pihak pengelola. Yang menceritakan secara menyeluruh sasaran, tujuan, dan bagaimana cara untuk mencapai tujuan. Secara lengkap merangkum misi, tujuan, dan sasaran. Pengelola mencoba memberikan gambaran tentang cara-cara yang akan memandu perusahaan untuk mencapai keberhasilan.
Adanya banyak peluang yang tersedia untuk membuka suatu usaha atau suatu bisnis baru, memunculkan suatu gagasan, keyakinan dan niat untuk merintis suatu usaha baru untuk ditekuni. Hal ini disebabkan karena tersedianya peluang yang masih terbuka luas, adanya bahan – bahan yang mudah didapatkan.
Peluang untuk merintis usaha baru yang masih terbuka lebar terutama suatu usaha dalam hal pernak – pernik seperti aksesoris, membulatkan tekad untuk mulai merintis toko aksesoris tersebut.
Pada zaman sekarang ini kebutuhan manusia untukmempercantik diri melalui penampilan adalah satu hal yang wajib baik bagi kaumperempuan maupun bagi kaum pria. Penampilan ini bisa mulai daripakaian,aksesoris, sepatu, dan lain sebagainya. Tak heran jika bisnis yang satuini menjadi salah satu peluang usaha yang cukup potensial untuk menunjangpenampilan yang lebih menarik untuk memenuhi kebutuhan wanita maupun pria.Aksesoris yang di kenakan oleh kalangan muda saat ini dilihat dapat memberikanpengaruh yang sangat luar biasa dalam mengangkat citra seorang anak muda.

Aksesoris merupakan suatu pernak – pernik atau hiasan yang biasanya sering dipakai oleh seorang perempuan (dan tak jarang juga digunakan oleh kaum pria) dengan tujuan untuk mempercantik dirinya atau agar terlihat lebih menarik. Oleh karena itu banyak sekali perempuan maupun pria yang tertarik dan berminat untuk mengkoleksi aksesoris – aksesoris yang lucu, unik dan model yang bagus. Ada berbagai macam aksesoris – aksesoris yang sering digunakan, seperti anting, gelang, kalung, bros, jepit rambut, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Oleh karena aksesoris banyak diminati, disukai dan digemari banyak orang, baik bagi kaum muda maupun orang tua, merintis usaha baru dengan membuka toko aksesoris merupakan suatu pilihan usaha yang diharapkan dapat mendatangkan keuntungan yang cukup lumayan bagi pemiliknya. Hal ini dikarenakan, aksesoris banyak diminati oleh sebagian besar perempuan sehingga permintaan akan barang aksesoris tersebut juga banyak. Sedangkan dalam kenyataannya di dunia pasar kurang banyak dijumpain pedagang ataupun tokoyang membuka usaha aksesoris sehingga terkadang orang yang ingin mengoleksi beberapa aksesoris harus jauh – jauh pergi ke mall – mall untuk mencari aksesoris yang diinginkan.
Berdasarkan adanya faktor – faktor di atas seperti adanya peluang, tersedianya bahan – bahan, sedikit pesaing dan banyak diminati, maka merintis suatu usaha baru dengan membuka toko aksesoris merupakan suatu pilihan usaha yang cukup tepat. Dengan memproduksi barang yang unik, lucu dan model yang bagus serta harga yang relatif terjangkau, maka akan dapat menarik minat banyak orang untuk membeli.

B.     Permasalahan
Seiring perkembangan zaman, banyak masalah akan muncul dalam menjalankan sebuah usaha. Apalagi usaha tersebut masih seumur jagung sehingga sangat diperlukan perencanaan yang baik. Oleh karena itu, penulis merasa sangat penting menganalisis hal-hal yang menyangkut perkembangan usaha dalam jangka waktu kedepan. Di dalam proposal ini akan dibahas mengenai :
a.       Apakah bisnis itu?
b.      Analisis produksi
c.       Analisis sumber daya manusia
d.      Analisis resiko usaha
e.       Pemasaran produk
f.       keunggulan produk itu sendiri dibandingkan dengan produk lain.






BAB II
PEMBAHASAN
A.    Sejarah Singkat
            Seiring berjalannya kegiatan magang, salah satu persyaratan berikutnya adalah dengan menjalankan kegiatan praktek bisnis. Kegiatan ini tentunya  sangat bermanfat bagi kalangan mahasiswa untuk memulai suatu usaha, kemudian kami coba dengan merealisasikannya sebaik mungkin.
            Kemudian, mulai terpikirkan oleh kami mengenai produk apa yang harus kami perdagangkan. Dan timbulah berbagai inspirasi dari setiap orang (dalam kelompok ini), dan akhirnya dengan kesepakatan yang telah dibuat berdasarkan analisis berhasil atau tidaknya usaha pemula ini, akhirnya timbullah sebuah inspirasi untuk memberi nama pada
            Nama “LTOB Accessories”  itu sendiri muncul atas ide bersama, LT merupakan singkatan dari kata Lake Toba, karena memang produk yang akan kami pasarkan merupakan produk berlabel “Lake Toba” sehingga para mahasiswa khususnya penduduk Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara tidak perlu jauh – jauh harus pergi ke Parapat ataupun Samosir untuk membeli aksesoris yang bertuliskan “Lake Toba”.
            LTOB  Accessories sendiri bergerak di bidang aksesoris dan menawarkan produk aksesoris berupa kalung, gelang , cincin, kotak pensil, tas batik, sandal jepit, anting, bross,  baju, dan lain - lain. Kami sangat menjunjung tinggi kualitas dari produk yang kami hasilkan sehingga pelanggan kami akan tetap setia dengan aksesoris yang kami tawarkan.


B.     Struktur Organisasi
Direktur  Utama
“LTOB Accessories”
Manejer Keuangan
Manajer Produksi
Manejer Pemasaran



C.    Profil Pegawai
1
Nama
Mey Elyzabeth Pane
2
JenisKelamin
Perempuan
3
Tempat/TanggalLahir
Parapat / 20 Mei 1991
4
NIM
102102116
5
Program Studi
D3 Akuntansi
6
Alamat
JL. Berdikari No. 23/35 A Padang Bulan, Medan
7
Telp/HP
081375069724
8
Email
Mey_sitorus91@yahoo.com
9
Jabatan
Direktur / Manjer Keuangan

1
Nama
Mesda W Nababan
2
JenisKelamin
Perempuan
3
Tempat/TanggalLahir
Banjar Panopa / 24 januari 1992
4
NIM
102101031
5
Program Studi
D3 Keuangan
6
Alamat
Jl. Organ Gg. Teratai No. 1 Padang Bulan, Medan
7
Telp/HP
085359481838
8
Email
9
Jabatan
Manajer Pemasaran / manajer Produksi

D.    Visi dan Misi
Visi
Menjadi perusahaan yang mengutamakan kualitas atau mutu produk yang memberikan unsur keindahan seni yang diinginkan oleh setiap konsumen. Kepuasan pelanggan adalah kebahagian kami.
Misi
·           Memberikan kepuasan melalui mutu produk
·           Memberikan tampilan yang menarik dan berbeda dari produk lain
·           Memberikan pelayanan terbaik dalam pemasaran.

E.     Analisa Pasar dan Pemasaran
            Situasi pasar yang terus berubah - ubah mengharuskan kami untuk lebih menjaga kualitas ataupun mutu  produk yang akan kami pasarkan. Oleh karena itu, kemampuan untuk berinovasi dan berkarya perlu di utamakan sebab keadaan pasar akan menjadi mudah menerima sesuatu ketika produk yang ditawarkan memiliki keunggulan dan seni tersendiri.
            Objek pemasarannya sendiri masih tidak jauh dari tempat produksi kami, yaitu berorientasi pada konsumennya langsung. Dimana ada mahasiswa, orangtua kami sendiri maupun sanak saudara kami. Beberapa hal yang menjadi patokan kami mengapa memilih mahasiswa dijadikan sebagai objek utamanya, dikarenakan kami dalam menjalankan aktivitas ini kebanyakan menghabiskan waktu di dunia kampus, dimana kebanyakan yang kami temui adalah mahasiswa sendiri, sehingga kami lebih mempromosikan produk kami kepada mereka. Selain itu, didukung pula dengan harga jual yang kami tawarkan sesuai dengan jangkauan mahasiswa dengan kata lain kami menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal.
            Disamping itu didukung dengan penjualan kepada sanak saudara kami seperti orangtua kami juga kami perhatikan. Mengapa hal ini masih kami lakukan? Karena kami berpikir bahwa memulai usaha dengan berdagang itu harus mampu melingkupi semua aspek, tak terkecuali saudara kita sendiri. Bahkan dari mereka ini jugalah pendapatan besar yang dapat kami peroleh.
F.  Strategi Pemasaran
·      Strategi Promosi
o  SMS
o  Iklan Facebook
o  Broadcast
o  Face to face
·      Strategi Organisasi dan Sumber Daya Manusia
o  Pembagian tugas dalam organisasi sesuai dengan keahlian masing-masing.
·      Strategi Penetapan Harga
o  Harganya yang kami buat disesuai dengan pangsa pasar yaitu dapat terjangkau bagi para mahasiswa dan juga sebagian masyarakat luar dan yang paling penting harga harus sesuai dengan kualitas produknya.

G.    Keunggulan Produk yang Dimilki
Perusahaan kami memliki keunggulan dalam menjual produk yang cantik dan menarik. Perusahaan kami ini selalu mengutamakan keindahan seni dan kualitas produk agar mendapatkan pelanggan yang setia dan puas dalam membeli produk yang kami tawarkan. Perusahaan kami mengutamakan tren dan minat akan produk, selain itu perusahaan kami juga meyediakan barang dengan harga terjangkau yang tentu saja sesuai dan terjangkau bagi para mahasiswa pada umumnya.

H.    Analisis Sumber Daya Manusia (SDM)
Perusahaan kami pada awalnya sudah membagi divisi-divisi sesuai dengan keahlian masing-masing sehingga pekerjaan dapat terlaksana secara efektif dengan tujuan mendapatkan tujuan  yang maksimal. Di dalam menganalisis Sumber Daya Manusianya, perusahaan kami membagi beberapa bagian yang terdiri dari Direktur Utama, Manajer Keuangan, Manajer Produksi merangkap Manajer Pemasaran. Kami semua tidak hanya terfokus pada divisi masing – masing. Semuanya dapat merangkap pada setiap divisi lain  dengan menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik bagi setiap divisi sehingga tercipta lapangan kerja yang aman, tentram, damai serta nyaman.


I.       Lokasi Usaha
Sesuai dengan target pasar kami yaitu para mahasiswa/i baik yang berasal dari Fakultas Ekonomi maupun diluar Fakultas Ekonomi, para orang tua serta tidak menutup bagi orang orang diluar lingkup Universitas Sumatera Utara maka kami menetapkan  lokasi usaha kami pada sekitaran lingkungan Kampus Universitas Sumatera Utara.

J.      Analisis Resiko Usaha
Beberapa Resiko Usaha yang kami Hadapi :
·           Barang yang kami Pesan dari supplier sering mengalami keterlambatan pengiriman, yang mengakibatkan terhambatnya proses penjualan
·           Barang yang kami pesan melalui supplier rentan akan kerusakaan akibat proses pengiriman yang panjang.



BAB III
ANALISIS KEUANGAN
Dalam hal menganalisis laporan keuangan ini, kelompok kami akan membahas mengenai biaya – biaya yang kami keluarkan yang menyangkut penjualan aksesoris dan target yang akan capai. Adapun biaya – biaya tersebut sebagai berikut :
A.    Sumber Pendanaan
Nama
Persentase Kepemilikan
Jumlah Modal
      Mey Elyzabeth Pane
50%
250.000
Mesda W Nababan
50 %
250.000

B.     Biaya Pembelian Barang
Nama Barang
Unit
Harga Beli (Rp)
Total (Rp)
Kalung
10
7.000
70.000
Gelang
10
5.000
50.000
Cincin
5
5.000
25.000
Kotak Pensil
5
7.000
35.000
      Tas batik
2
25.000
50.000
Sandal Jepit
5
8.000
40.000
      Anting
10
3.000
30.000
Bros
15
2.000
30.000
Baju
5
20.000
100.000
Total
67

430.000

C.    Biaya Pengiriman dan lain-lain
Adapun biaya pengiriman dan lain-lain merupakan biaya angkut barang atau transportasi, biaya komunikasi adalah sebesar 50.000

D.    Taksiran Penjualan Produk
Nama Barang
Unit
Harga Jual
Total
Kalung
10
15.000
150.000
Gelang
8
10.000
80.000
Cincin
5
20.000
100.000
Kotak Pensil
4
10.000
40.000
      Tas batik
2
30.000
60.000
Sandal Jepit
5
15.000
75.000
      Anting
5
5.000
25.000
Bros
10
5.000
50.000
Baju
5
25.000
125.000

54

705.000

            Jadi keuntungan yang akan kami peroleh dengan taksiran jumlah barang yang terjual adalah sebagai berikut :
Laba =  Taksiran Penjualan Produk – (Biaya Pembelian Barang + Biaya Pengiriman   Barang)
=  705.000 – ( 430.000 + 50.000 )
=  225.000


BAB IV
KESIMPULAN
Kesimpulan
            Merintis usaha baru dengan membuka toko aksesoris merupakan suatu usaha yang memiliki peluang yang masih terbuka luas, hal ini dikarenakan belum banyaknya pesaing dalam penjualan aksesoris.
Aksesoris yang dijual itu ada aksesoris utama dan aksesoris pendukung. Aksesoris utama itu seperti gelang, kalung.sedangkan aksesoris pendukung itu seperti kotak pensil, bros, baju dan yang lainnya.
Aksesoris yang di jual itu merupakan aksesoris yang lucu, unik dan memiliki model yang bagus yang kaya akan seni indonesia khususnya berhubungan dengan suku batak toba dan keindahan alamnya, karena aksesoris ini dibuat sendiri dengan tangan – tangan kreatif pembuatnya. Selain itu, harga aksesoris tersebut juga relatif terjangkau.









                                                             

1 komentar:

  1. KUNJUNGI TIPS JUALAN ONLINE DI MEDIA INTERNET
    http://bit.ly/1XP9gnh

    BalasHapus