PROPOSAL
Untuk
Memenuhi Syarat Kelulusan Magang
“LTOB Accessories”
MEY ELYZABETH PANE : 102102116
MESDA W. NABABAN : 102101031
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
2013
I.
EXECUTIVE SUMMARY
Profil Perusahaan
1
|
Company Name
|
LTOB Accessories
|
2
|
Line of Business
|
Accesories
|
3
|
Products
|
necklaces, bracelets, rings, pencil boxes, batik
bags, flip flops, earrings, Bross and clothes
|
4
|
Company Address
|
Jl. Berdikari No.23/35 A Padang Bulan, Medan
|
5
|
Telp number
|
081375069724
|
6
|
Email Address
|
Mey_sitorus91@yahoo.com
|
7
|
Website/Blog
|
Meyelyzabeth2028@gmail.com
|
8
|
Start Up
|
15 Maret 2013
|
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur kami ucapkan kepada
Tuhan Yang Maha Esa atas dan berkat rahmat-Nya yang masih bisa kami rasakan
sampai saat ini, sehingga kami di mudahkan dalam setiap langkah terutama dalam
penyusunan proposal perencanaan bisnis ini.
Dalam
proposal perencanaan bisnis ini, kami sebagai pihak pengelola perusahaan
berusaha untuk menguraikan segala aspek utama
dan aspek pendukung dalam pendirian perusahaan kami “LTOB Accessories
“ yang produknya kalung, gelang , cincin, kotak pensil, tas batik, sandal
jepit, anting, bross dan baju. Segala hal mulai dari aspek pereencanaan
permodalan, teknik pemasaran dan teknik pemilihan total quantity sangatlah kami pikirkan, dan hal tersebut akan terlampir
dalam proposal perencanaan bisnis ini. Semoga laporan ini juga nantinya akan
berguna bagi pembacanya.
Terimakasih
atas perhatiannya, semoga dapat bermanfaat dan dapat di jadikan inspirasi bagi
pembaca.
Medan,
21
Maret 2013
LTOB
Accessories
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Perencanaan Bisnis
Bisnis
adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh orang pribadi atau sekelompok
orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual
barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengelola bahan baku untuk
dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen. Produk dapat berupa barang atau
jasa. Tujuan perusahaan membuat produk adalah untuk mendapatkan laba, yakni
imbalan yang diperoleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.
Rencana
usaha merupakan catatan ringkas yang di buat oleh wirausaha untuk menggambarkan
operasi dan menerangkan soal keuangan, tahap keuntungan, strategi pemasaran,
kemampuan menajemen dan kepakaran pihak pengelola. Yang menceritakan secara menyeluruh
sasaran, tujuan, dan bagaimana cara untuk mencapai tujuan. Secara lengkap
merangkum misi, tujuan, dan sasaran. Pengelola mencoba memberikan gambaran
tentang cara-cara yang akan memandu perusahaan untuk mencapai keberhasilan.
Adanya
banyak peluang yang tersedia untuk membuka suatu usaha atau suatu bisnis baru,
memunculkan suatu gagasan, keyakinan dan niat untuk merintis suatu usaha baru
untuk ditekuni. Hal ini disebabkan karena tersedianya peluang yang masih
terbuka luas, adanya bahan – bahan yang mudah didapatkan.
Peluang
untuk merintis usaha baru yang masih terbuka lebar terutama suatu usaha dalam
hal pernak – pernik seperti aksesoris, membulatkan tekad untuk mulai merintis
toko aksesoris tersebut.
Pada zaman sekarang ini kebutuhan manusia untukmempercantik diri melalui penampilan adalah satu hal yang wajib baik bagi kaumperempuan maupun bagi kaum pria. Penampilan ini bisa mulai daripakaian,aksesoris, sepatu, dan lain sebagainya. Tak heran jika bisnis yang satuini menjadi salah satu peluang usaha yang cukup potensial untuk menunjangpenampilan yang lebih menarik untuk memenuhi kebutuhan wanita maupun pria.Aksesoris yang di kenakan oleh kalangan muda saat ini dilihat dapat memberikanpengaruh yang sangat luar biasa dalam mengangkat citra seorang anak muda.
Aksesoris
merupakan suatu pernak – pernik atau hiasan yang biasanya sering dipakai oleh
seorang perempuan (dan tak jarang juga digunakan oleh kaum pria) dengan tujuan
untuk mempercantik dirinya atau agar terlihat lebih menarik. Oleh karena itu
banyak sekali perempuan maupun pria yang tertarik dan berminat untuk
mengkoleksi aksesoris – aksesoris yang lucu, unik dan model yang bagus. Ada berbagai
macam aksesoris – aksesoris yang sering digunakan, seperti anting, gelang,
kalung, bros, jepit rambut, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Oleh
karena aksesoris banyak diminati, disukai dan digemari banyak orang, baik bagi
kaum muda maupun orang tua, merintis usaha baru dengan membuka toko aksesoris
merupakan suatu pilihan usaha yang diharapkan dapat mendatangkan keuntungan
yang cukup lumayan bagi pemiliknya. Hal ini dikarenakan, aksesoris banyak
diminati oleh sebagian besar perempuan sehingga permintaan akan barang
aksesoris tersebut juga banyak. Sedangkan dalam kenyataannya di dunia pasar
kurang banyak dijumpain pedagang ataupun tokoyang membuka usaha aksesoris
sehingga terkadang orang yang ingin mengoleksi beberapa aksesoris harus jauh –
jauh pergi ke mall – mall untuk mencari aksesoris yang diinginkan.
Berdasarkan
adanya faktor – faktor di atas seperti adanya peluang, tersedianya bahan –
bahan, sedikit pesaing dan banyak diminati, maka merintis suatu usaha baru
dengan membuka toko aksesoris merupakan suatu pilihan usaha yang cukup tepat.
Dengan memproduksi barang yang unik, lucu dan model yang bagus serta harga yang
relatif terjangkau, maka akan dapat menarik minat banyak orang untuk membeli.
B.
Permasalahan
Seiring
perkembangan zaman, banyak masalah akan muncul dalam menjalankan sebuah usaha.
Apalagi usaha tersebut masih seumur jagung sehingga sangat diperlukan
perencanaan yang baik. Oleh karena itu, penulis merasa sangat penting
menganalisis hal-hal yang menyangkut perkembangan usaha dalam jangka waktu
kedepan. Di dalam proposal ini akan dibahas mengenai :
a.
Apakah bisnis itu?
b.
Analisis produksi
c.
Analisis sumber daya manusia
d.
Analisis resiko usaha
e.
Pemasaran produk
f.
keunggulan produk itu sendiri
dibandingkan dengan produk lain.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Sejarah
Singkat
Seiring berjalannya kegiatan magang,
salah satu persyaratan berikutnya adalah dengan menjalankan kegiatan praktek
bisnis. Kegiatan ini tentunya sangat
bermanfat bagi kalangan mahasiswa untuk memulai suatu usaha, kemudian kami coba
dengan merealisasikannya sebaik mungkin.
Kemudian, mulai terpikirkan oleh
kami mengenai produk apa yang harus kami perdagangkan. Dan timbulah berbagai
inspirasi dari setiap orang (dalam kelompok ini), dan akhirnya dengan
kesepakatan yang telah dibuat berdasarkan analisis berhasil atau tidaknya usaha
pemula ini, akhirnya timbullah sebuah inspirasi untuk memberi nama pada
Nama “LTOB Accessories” itu sendiri muncul atas ide bersama, LT
merupakan singkatan dari kata Lake Toba, karena memang produk yang akan kami
pasarkan merupakan produk berlabel “Lake Toba” sehingga para mahasiswa
khususnya penduduk Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara tidak perlu jauh
– jauh harus pergi ke Parapat ataupun Samosir untuk membeli aksesoris yang
bertuliskan “Lake Toba”.
LTOB Accessories sendiri bergerak di
bidang aksesoris dan menawarkan produk aksesoris berupa kalung, gelang ,
cincin, kotak pensil, tas batik, sandal jepit, anting, bross, baju, dan lain - lain. Kami sangat menjunjung
tinggi kualitas dari produk yang kami hasilkan sehingga pelanggan kami akan
tetap setia dengan aksesoris yang kami tawarkan.
B.
Struktur
Organisasi
Direktur Utama
“LTOB Accessories”
|
Manejer Keuangan
|
Manajer Produksi
|
Manejer Pemasaran
|
C.
Profil
Pegawai
1
|
Nama
|
Mey Elyzabeth Pane
|
2
|
JenisKelamin
|
Perempuan
|
3
|
Tempat/TanggalLahir
|
Parapat / 20 Mei 1991
|
4
|
NIM
|
102102116
|
5
|
Program
Studi
|
D3
Akuntansi
|
6
|
Alamat
|
JL. Berdikari No. 23/35 A Padang Bulan, Medan
|
7
|
Telp/HP
|
081375069724
|
8
|
Email
|
Mey_sitorus91@yahoo.com
|
9
|
Jabatan
|
Direktur
/ Manjer Keuangan
|
1
|
Nama
|
Mesda
W Nababan
|
2
|
JenisKelamin
|
Perempuan
|
3
|
Tempat/TanggalLahir
|
Banjar
Panopa / 24 januari 1992
|
4
|
NIM
|
102101031
|
5
|
Program
Studi
|
D3
Keuangan
|
6
|
Alamat
|
Jl.
Organ Gg. Teratai No. 1 Padang Bulan, Medan
|
7
|
Telp/HP
|
085359481838
|
8
|
Email
|
|
9
|
Jabatan
|
Manajer
Pemasaran / manajer Produksi
|
D.
Visi
dan Misi
Visi
Menjadi
perusahaan yang mengutamakan kualitas atau mutu produk yang memberikan unsur
keindahan seni yang diinginkan oleh setiap konsumen. Kepuasan pelanggan adalah
kebahagian kami.
Misi
·
Memberikan kepuasan melalui mutu produk
·
Memberikan tampilan yang menarik dan
berbeda dari produk lain
·
Memberikan pelayanan terbaik dalam pemasaran.
E.
Analisa
Pasar dan Pemasaran
Situasi pasar yang terus
berubah - ubah mengharuskan kami untuk lebih menjaga kualitas ataupun mutu produk yang akan kami pasarkan. Oleh karena
itu, kemampuan untuk berinovasi dan berkarya perlu di utamakan sebab keadaan
pasar akan menjadi mudah menerima sesuatu ketika produk yang ditawarkan
memiliki keunggulan dan seni tersendiri.
Objek pemasarannya
sendiri masih tidak jauh dari tempat produksi kami, yaitu berorientasi pada
konsumennya langsung. Dimana ada mahasiswa, orangtua kami sendiri maupun sanak
saudara kami. Beberapa hal yang menjadi patokan kami mengapa memilih mahasiswa
dijadikan sebagai objek utamanya, dikarenakan kami dalam menjalankan aktivitas
ini kebanyakan menghabiskan waktu di dunia kampus, dimana kebanyakan yang kami
temui adalah mahasiswa sendiri, sehingga kami lebih mempromosikan produk kami
kepada mereka. Selain itu, didukung pula dengan harga jual yang kami tawarkan
sesuai dengan jangkauan mahasiswa dengan kata lain kami menjual produk dengan
harga yang tidak terlalu mahal.
Disamping itu didukung
dengan penjualan kepada sanak saudara kami seperti orangtua kami juga kami
perhatikan. Mengapa hal ini masih kami lakukan? Karena kami berpikir bahwa memulai
usaha dengan berdagang itu harus mampu melingkupi semua aspek, tak terkecuali
saudara kita sendiri. Bahkan dari mereka ini jugalah pendapatan besar yang
dapat kami peroleh.
F. Strategi Pemasaran
· Strategi
Promosi
o
SMS
o
Iklan Facebook
o
Broadcast
o
Face
to face
· Strategi
Organisasi dan Sumber Daya Manusia
o
Pembagian tugas dalam organisasi sesuai
dengan keahlian masing-masing.
· Strategi
Penetapan Harga
o
Harganya yang kami buat disesuai dengan
pangsa pasar yaitu dapat terjangkau bagi para mahasiswa dan juga sebagian
masyarakat luar dan yang paling penting harga harus sesuai dengan kualitas
produknya.
G.
Keunggulan
Produk yang Dimilki
Perusahaan kami
memliki keunggulan dalam menjual produk yang cantik dan menarik. Perusahaan
kami ini selalu mengutamakan keindahan seni dan kualitas produk agar
mendapatkan pelanggan yang setia dan puas dalam membeli produk yang kami
tawarkan. Perusahaan kami mengutamakan tren dan minat akan produk, selain itu
perusahaan kami juga meyediakan barang dengan harga terjangkau yang tentu saja
sesuai dan terjangkau bagi para mahasiswa pada umumnya.
H.
Analisis
Sumber Daya Manusia (SDM)
Perusahaan kami
pada awalnya sudah membagi divisi-divisi sesuai dengan keahlian masing-masing
sehingga pekerjaan dapat terlaksana secara efektif dengan tujuan mendapatkan
tujuan yang maksimal. Di dalam
menganalisis Sumber Daya Manusianya, perusahaan kami membagi beberapa bagian
yang terdiri dari Direktur Utama, Manajer Keuangan, Manajer Produksi merangkap Manajer
Pemasaran. Kami semua tidak hanya terfokus pada divisi masing – masing.
Semuanya dapat merangkap pada setiap divisi lain dengan menjalin komunikasi dan kerjasama yang
baik bagi setiap divisi sehingga tercipta lapangan kerja yang aman, tentram,
damai serta nyaman.
I.
Lokasi
Usaha
Sesuai dengan
target pasar kami yaitu para mahasiswa/i baik yang berasal dari Fakultas
Ekonomi maupun diluar Fakultas Ekonomi, para orang tua serta tidak menutup bagi
orang orang diluar lingkup Universitas Sumatera Utara maka kami menetapkan lokasi usaha kami pada sekitaran lingkungan
Kampus Universitas Sumatera Utara.
J.
Analisis
Resiko Usaha
Beberapa
Resiko Usaha yang kami Hadapi :
·
Barang yang kami Pesan dari supplier
sering mengalami keterlambatan pengiriman, yang mengakibatkan terhambatnya
proses penjualan
·
Barang yang kami pesan melalui supplier
rentan akan kerusakaan akibat proses pengiriman yang panjang.
BAB III
ANALISIS
KEUANGAN
Dalam hal menganalisis laporan
keuangan ini, kelompok kami akan membahas mengenai biaya – biaya yang kami
keluarkan yang menyangkut penjualan aksesoris dan target yang akan capai.
Adapun biaya – biaya tersebut sebagai berikut :
A. Sumber
Pendanaan
Nama
|
Persentase
Kepemilikan
|
Jumlah Modal
|
Mey Elyzabeth Pane
|
50%
|
250.000
|
Mesda
W Nababan
|
50 %
|
250.000
|
B. Biaya
Pembelian Barang
Nama
Barang
|
Unit
|
Harga
Beli (Rp)
|
Total
(Rp)
|
Kalung
|
10
|
7.000
|
70.000
|
Gelang
|
10
|
5.000
|
50.000
|
Cincin
|
5
|
5.000
|
25.000
|
Kotak Pensil
|
5
|
7.000
|
35.000
|
Tas batik
|
2
|
25.000
|
50.000
|
Sandal Jepit
|
5
|
8.000
|
40.000
|
Anting
|
10
|
3.000
|
30.000
|
Bros
|
15
|
2.000
|
30.000
|
Baju
|
5
|
20.000
|
100.000
|
Total
|
67
|
430.000
|
C.
Biaya
Pengiriman dan lain-lain
Adapun biaya
pengiriman dan lain-lain merupakan biaya angkut barang atau transportasi, biaya
komunikasi adalah sebesar 50.000
D.
Taksiran
Penjualan Produk
Nama
Barang
|
Unit
|
Harga
Jual
|
Total
|
Kalung
|
10
|
15.000
|
150.000
|
Gelang
|
8
|
10.000
|
80.000
|
Cincin
|
5
|
20.000
|
100.000
|
Kotak Pensil
|
4
|
10.000
|
40.000
|
Tas batik
|
2
|
30.000
|
60.000
|
Sandal Jepit
|
5
|
15.000
|
75.000
|
Anting
|
5
|
5.000
|
25.000
|
Bros
|
10
|
5.000
|
50.000
|
Baju
|
5
|
25.000
|
125.000
|
54
|
705.000
|
Jadi keuntungan yang akan kami
peroleh dengan taksiran jumlah barang yang terjual adalah sebagai berikut :
Laba = Taksiran Penjualan Produk – (Biaya Pembelian
Barang + Biaya Pengiriman Barang)
= 705.000 – ( 430.000 + 50.000 )
= 225.000
BAB
IV
KESIMPULAN
Kesimpulan
Merintis usaha baru dengan membuka toko aksesoris
merupakan suatu usaha yang memiliki peluang yang masih terbuka luas, hal ini
dikarenakan belum banyaknya pesaing dalam penjualan aksesoris.
Aksesoris
yang dijual itu ada aksesoris utama dan aksesoris pendukung. Aksesoris utama
itu seperti gelang, kalung.sedangkan aksesoris pendukung itu seperti kotak
pensil, bros, baju dan yang lainnya.
Aksesoris
yang di jual itu merupakan aksesoris yang lucu, unik dan memiliki model yang
bagus yang kaya akan seni indonesia khususnya berhubungan dengan suku batak
toba dan keindahan alamnya, karena aksesoris ini dibuat sendiri dengan tangan –
tangan kreatif pembuatnya. Selain itu, harga aksesoris tersebut juga relatif
terjangkau.
KUNJUNGI TIPS JUALAN ONLINE DI MEDIA INTERNET
BalasHapushttp://bit.ly/1XP9gnh